Senin, 09 Januari 2017

5 tempat Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungi

5 tempat Wisata Dieng Wonosobo Yang wajib Anda Kunjungi, tempat wisata Dieng wonosobo adalah tempat wisata yang mungkin masih jarang anda kunjungi, Dieng sendiri adalah salah satu dataran tinggi yang merupakan tempat wisata yang menarik yang berada di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dataran tinggi Dieng sendiri terletak di barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Selain sebagai tempat wisata yang berada di ketinggian, dieng juga terkenal sebagai tempat yang kental akan spiritual, oleh sebab itu di dieng terdapat candi candi kuno bercorak hindu dengan arsitektur yang sangat unik.

Dataran Dieng sendiri berada di ketinggian 2.093 mdpl dengan udara yang sangat sejuk, lengkap dengan kabut saat matahari tidak muncul di langit dengan kisaran suhu 15 -20 derajat celsius, oleh sebab itu Dieng Wonosobo memiliki beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk anda kunjungi, kami akan berikan ulasan lengkpnya tentang 5 tempat Wisata Dieng Wonosobo Yang wajib Anda Kunjungi.

1. Bukit Sikunir Dieng Wonosobo
Instagram@trii_wardoyo

Bukit sikunir adalah tempat wisata pertama yang wajib untuk anda kunjungi, kawasan wisata ini terdapat di Sembungan, Kejajar, Wonosobo, tempat wisata ini adalah berupa bukit kecil yang berada di ketinggian 2.200 mdpl dan merupakan tempat favorit bagi anda yang ingin melihat pemandangan sunrise.

Kawasan wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung, bagi anda para traveler, akan sangat suke untuk berkunjung dan menikmati matahari sunrise dengan warna keemasan yang sangat di dambakan oleh semua wisatawan yang mengunjunginya.

2. Telaga Warna Dieng Wonosobo
Instagram@alfian_bantara

Telaga Warna Wonosobo Dieng ini adalah salah satu wahan wisata yang paling banyak di kunjungi, karena telaga ini adalah telada yang memiliki warna warna yang dapat berubah, telaga warna ini terkadang memiliki warna biru laut, hijau, terkadang putih kekuningan, hal ini karena warna yang berbeda dari telaga tersebut karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

Telaga Warna Dieng Wonosobo sendiri memiliki ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh bukit bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam disekitar telaga warna, keindahan telaga warna ini akan lebih terasa bila pengunjung naik ke salah satu bukit yang mengelilingi telaga ini, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Telaga Warna ini adalah pada siang hari.

3. Candi Dieng Wonosobo
Instagram@niaa.nioo

Candi Dieng adalah sebuah komplek candi Hindu yang ditemukan pada tahun 1814 dan merupakan sebuah simbol kepariwisataan yang berada di Dieng wonosobo, candi candi yang berada di kawasan Candi Dieng adalah Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Gatot Kaca, Candi Srikandi, candi Semar, candi Sembadra, Candi Puntadewa dan lain lain.

Model candi di Candi Dieng Wonosobo meniru bentuk candi di India dengan cirikhas archa dan relief yang menghiasi bagunan candi, selain menikmati beragam jenis candi, anda juga dapat menikmati pemandangan alam dengan keindahan dan suasana udara yang sejuk.

4. Sumur Jalatunda Dieng Wonosobo
Instagram@guntur_nurrahiem

Sumur Jalatunda adalah obyek wisata yang berada di sebelah barat pegunungan dieng, Sumur Jalatunda sendiri terbentuk dari letusan gung purba yang terjadi para ratusan tahun silam, ceruk rekahan kawah kemudian digenagi oelh air hujan dengan diameter 90 meter dengan kedalama lebih dari 200 meter, karena air yang menggenang inilah yang membuat kawasan ini disebut dengan sumur.

Untuk naik ke Sumur Jalatunda, anda harus menaiki tangga sebanyak 257 anak tangga dan pada anak tangga terakhir, anda akan menemukan tumpukan kerikil beralaskan karung beras, menurut mitos masyarakat setempat, siapa yang dapat melempar kerikil dari seberang sumur ke seberang sumur yang berlawanan, maka harapannya kan terkabul, anda dapat membeli kerikil dengan harga 500 rupiah.

5. Kawah Di Dieng Wonosobo
Instagram@marrikyrizaldi

Di kawasan Dieng sendiri terdapat beberapa kawah yang dapat anda kunjungi, diantaranya adalah kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, Kawah Sileri yang masih aktif, ketika kawah tersebut memiliki keunikan masing masing yang sangat menarik untuk di ulas.

Untuk Kawah Sikidang berlokasi di wilayah Dieng Timur, dengan pemandangan yang sangat indah yang memadukan antara hamparan bukit hijau dan tanah kapur yang berada disekitar tanah kawah.

Untuk Kawah Sileri adalah salah satu kawah terbesar di kawasan dataran tinggi dieng denga luas sekitar 4 hektar yang dapat anda cape dengan menempuh perjalanan sekitar 7km dari kawasan utama wisata Dieng.

Sedangkan kawah Candradimuka adalah kawah yang terkenal di cerita pewayangan, dalam legenda, diceritakan bahwa kawah ini adalah tempat di mana Gatot Kaca dimandikan sehingag gatot kaca memiliki kesaktian yang luar biasa, kawah ini terletak kurang lebih 6 km dari pusat kawasan Dieng.

Demikianlah 5 tempat Wisata Dieng Wonosobo Yang wajib Anda Kunjungi, pastinya anda dapat memilih kawasan wisata Dieng manakah yang menurut anda dapat anda kunjungi saat liburan anti datang.

Artikel Terkait

5 tempat Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungi
4/ 5
Oleh